IKAN AYAM-AYAM (Abalistes Stellaris)

IKAN AYAM-AYAM (Abalistes Stellaris)




INDONESIA, adalah negara yang kaya dengan hewan laut salah stunya adalah Ikan Ayam-ayam atau yang dalam bahasa latin disebut Abalistes stellaris dikenal juga sebagai ikan etongjebong, atau kambing-kambing merupkan ikan laut yang dikomsumsi banyak orang dan biasa diolah sebagai ikan bakar. Ikan ini biasa ditemukan di perairan hangat kawasan Indo-Pasifik, mulai dari Laut Merah sampai Samudra Pasifik bagian barat.
Ukuran rata-rata ikan ini adalah 40 cm, akan tetapi dapat mencapai 60 cm yang berjenis kelamin jantan. Sirip di bagian punggung memiliki 25-27 jari-jari sedangkan di sirip anal terdapat 24-26 jari-jari. Sisiknya cenderung besar di dekat sirip perut. Ikan ini memiliki Patil di bagian belakang tubuhnya.
Sifat hidup demersal (hidup di laut dasar) dan amphidromous (bermigrasi dari perairan asin dan perairan tawar). Hidup menyukai terumbu Karang dekat Hewan Spon atau alga laut, serta dasar berpasir. Ikan ini biasa tertangkap jaring yang lalu dijual segar atau dikeringkan menjadi ikan asin.
Bagi sebagian orang, ikan ini bisa menjadi pengganti nasi ketika persediaan beras atau nasi berkurang. Oleh karena kelezatannya maka ikan ini banyak diminati dan banyak restoran atau rumah makan yang menyediakan menu ikan ayam-ayam ini.

0 Response to "IKAN AYAM-AYAM (Abalistes Stellaris)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel