BURUNG MANDAR (YANG BERLAGAK DAN BERLENGGOK)





BURUNG MANDAR (YANG BERLAGAK DAN BERLENGGOK)

Mandar adalah salah satu jenis burung air atau rawa. Ukurannya kecil sampai menengah dengan panjang 12-50 cm. Burung yang masih kerabat dengan burung jenjang ini, pada dasarnya berwarna suram. Warna samar ini sesuai dengan  wataknya yang suka bersembunyi dan hidup di permukaan tanah yang berawa-rawa, terutama di daerah basah yang penuh dengan kehidupan tumbuh-tumbuhan lebat. Kaki dan telapaknya yang panjang serta badannya yang padat rupanya memudahkannya berjalan di antara batang tanaman.

CIRI-CIRI

Umumnya burung mandar berwarna abu-abu atau coklat dengan bulu bergaris di bagian atas dan belang-belang di bagian bawah. Burung ini memiliki suara yang sangat bervariasi, termasuk suara teriakan, kotekan dan juga kuakan. Lain dengan burung mandar tikusan, yang suka bersembunyi dan berwarna samar, burung mandar pita memiliki daerah hidup lebih luas di seputar daerah Sulawesi, sedangkan mandar belang hanya terdapat di Irian Jaya pada habitat serupa. Berbagai jenis burung ini, mempunyai paruh yang bervariasi, mulai dari pendek dan lebar hingga panjang dan melengkung. Semua jenis burung ini menggerak-gerakkan kepalanya ke depan dan belakang bila sedang berjalan.

HABITAT DAN MAKANAN
 
Burung mandar makan segala jenis makanan, sebagian suka makanan yang bersifat hewani, namun umunya lebih suka makanan yang bersifat nabati. Sarangnya terbuat dari daun alang-alang kering atau tetumbuhan lainnya, serta bersembunyi di antara tetumbuhan lebat di rawa-rawa atau tepian sungai. Mereka umunya hidup berpasangan dan secara bergantian mengerami telurnya, yang jumlahnya sekitar 6-11 butir. Pasangan burung ini suka merawat anak-anaknya, yang ketika lahir berselimut bulu warna gelap. Daerah penyebaran burung mandar meliputi hutan pegunungan seputar Irian Jaya dan sekitarnya.

0 Response to "BURUNG MANDAR (YANG BERLAGAK DAN BERLENGGOK)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel