SEGELAS SUSU MEMBAWA BERKAH


Suatu hari ada seorang Ibu dan Anak sedang berjualan dan melewati sebuah perkampungan. Di tengah perjalanan si anak merasa sangat kehausan. Ia meminta minum pada ibunya tapi waktu melihat botol minuman yang dibawa ibunya, ternyata airnya sudah habis.

Si ibu pun menenangkan anaknya dengan bahasa yang halus. "Sabar anakku, sebentar lagi kita akan dapat minuman". Setelah melangkah beberapa meter mereka menemukan rumah. Keduanya masuk ke rumah yang kelihatan sepi lalu bersalam. Tiga kali mengucapkan salam, tidak ada jawaban. "Penghuni rumahnya tidak ada bu", sang anak berkata pada ibunya. "Betul anakku, mari kita keluar", jawab ibunya.

Karena tidak ada orang dirumah pertama, mereka berjalan ke rumah kedua. Salam dilontarkan akan tetapi tidak juga ada sahutan dan ternyata memang rumahnya sepi sama seperti rumah pertama. Mereka kembali berjalan ke rumah ke tiga. Mereka mengucapkan salam dan terdengar sahutan suara anak kecil menjawab salam. Dan memang betul keluarlah seorang anak kecil seusia anak si Ibu. Ia bertanya "ada apa bu? Ada yang dapat saya bantu?". Si Ibu langsung berkata, "Nak, bolehkan saya minta segelas air putih atau susu untuk saudaramu ini yang sedang kehausan?" dengan sopan si anak pemilik rumah menjawab, "Boleh bu, sebentar saya ambilkan". Lalu si anak pun bergegas ke dalam rumah dan keluar membawa segelas susu.

Lalu si ibu memberikan anaknya minum. Dengan senang hati si ibu dan si anak berterimakasih kepada anak pemilik rumah seraya mendoakannya semoga suatu saat kebaikannya di balas dengan pahala yang berlipat ganda. Mereka pun pamit melanjutkan perjalanannya berdagang.

Beberapa tahun pun berlalu.

Si anak pemilik rumah sudah dewasa dan suatu hari terkena penyakit yang sangat parah. Lalu dilarikan ke rumah sakit. Kata dokter dia harus dioperasi dan biayanya sangat mahal. Lama dia berfikir karena sangat mahal dan memutuskan tidak akan operasi karena tidak mampu membayarnya.

Akhirnya dia pun pulang dengan terpaksa, akan tetapi sebelum keluar dari rumah sakit dia dipanggil oleh perawat dan mengatakan akan segera dioperasi.

Singkat cerita, operasi berjalan lancar dan selesai. Dia pun bertanya kepada dokter yang mengoperasinya berapa bayarannya. Sang dokter tersenyum lembut dan berkata "Sudah lunas dengan segelas susu". Ia pun heran mendengar jawaban dokter. "Kenapa pak dokter menjawab seperti itu?" Ia bertanya. "Tidakkah kakak ingat dulu saya pernah singgah bersama ibu saya di rumah kakak untuk meminta segelas air atau susu lalu saya diberikan segelas susu. Maka kebaikan kakak waktu itu saya balas sekarang". Keduanyapun berpelukan bahagia.

Itulah kebaikan! Sekecil apapun pasti Alloh akan membalasnya dengan tidak disangka-sangka. Maka jangan ragu untuk memberikan kebaikan kepada siapapun walau sekecil apapun.

0 Response to "SEGELAS SUSU MEMBAWA BERKAH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel