KAMUS BAHASA SASAK

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh...

Salam untuk kita semua semoga saya jumpai kawan-kawan dalam cita rasa hati bak mentari bersinar cerah. Hehehe puitis, dan laksana rembulan bersinar terang hehehe.

oke dah jangan terlalu banyak puisi deh...
O...yaaa.kali ini saya mau bagikan atau berikan beberapa bahasa sasak/Suku Sasak yang tetntunya yang saya tahu hehe. Oke sebelumnya saya ingin perkenalkan sedikit tentang Suku Sasak.

Suku Sasak itu terletak di Pulau Lombok tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Suku Sasak memiliki bahasa yang unik sehigga perlu untuk dipelajari. Dan secara umum Lombok dijadikan tempat wisata dunia pasalnya banyak turis baik dari dalam maupun luar negeri yang berkunjung atau berlibur ke Lombok.


Orang-orang tertarik datang ke Lombok lantaran banyak sekali panorama yang indah di Lombok yang juga terkenal dengan Pulau 1000 masjid. Tempat wisata yang unik dan banyak inilah yang memiliki daya tarik terhadap turis-turis yang berkunjung.

Oleh karenanya maka sudah selayaknya bari para pengunjung Lombok atau orang yang akan ke Lombok untuk paling tidak tahu sedikit tetang beberapa makna bahasa yang sering dipakai dalam berkomunikasi sebelum nanti langsung belajar kepada orang Lombok itu sendiri.

Okelah kawan-kawan sekarang saya mulai untuk membagikan beberapa kosa kata yang saya ketahui tentang bahasa lombok.

Amak : Ayah
Inaq : Ibu
Papuk Nina : Nenek
Papuk Mama : Kakek
Mangan : Makan Nasi
Tindok : Tidur
Mentelah : Istirahat
Bekedek : Bermain
Singgak : Minjam
Aku/Tiang : Saya
Peteng/Kemalem : malam
Kenjelo : Siang
Kelemak : Pagi
Nginem : Minum
Lampak : Berjalan
Bangket : Sawah
Ngeme : memasak nasi
Kelak : Memasak
Ending : Minta
Uik : Kemarin
Simpet : Tutup
Bukak : Buka
Lalo : Pergi
Embe lain : Mau Kemana ?
Inak Kaka : Buk De
Amak Kaka : Pak De
Inak Rari : Bibik
Amak Rari : Paman
Peken : Pasar
Bembek : Kambing
Sampi : Sapi
Manuk : Ayam
Jaran : Kuda
Kao : Kerbau
Raok : Lumpur
Aik : Air
Sebie : Cabai
Ladik : Pisau

Oke kawan-kawan saya kira cukup sekian dulu kamus yang saya bagikan. Semoga bermanfaat!!!

Wassalamu'alaikum Wr Wb...






0 Response to "KAMUS BAHASA SASAK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel