Mengatasi Keracunan



Mengatasi Keracunan

Tindakan yang diberikan untuk menolong keracunan dalam hal ini bersifat pertolongan pertama, pertolongan selanjutnya, penderita harus dibawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat karena kalau tidak akibatnya menjadi fatal.
Jika korban masih dalam keadaan sadar maka tindakan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Penderita diberi minum air putih biasa yang dingin 2 sampai 3 gelas sedikit demi sedikit secara perlahan-lahan. Jika ada susu lebih baik air tersebut dicampur dengan susu. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kadar kekuatan racun yang diminum dan agar tidak melukai jaringan perut.
2. Jika penderita keracunan bukan berasal dari zat-zat kimia maka setelah diberi minum, kemudian dirangsang untuk mutah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggosok-gosokkan jarinya berulang-ulang pada tenggorokannya.
3. Jika penderita keracunan zat-zat kimia seperti obat nyamuk, pemutih baju, obat tikus, dan sebagainya maka penderita tidak dirangsang untuk muntah karena jika muntah dapat mengakibtkan racun tersebut masuk ketenggorokkan dan melalui pernpasan dapat mengenai paru-paru, tetapi penderita hanya diberi minum saja.
4. Dibawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Jika penderita dalam keadaan tida sadar maka tindakan  yang perlu dilakukan adalaj sebagai berikut:
1. Penderita apabila pernafasannya berjalan normal dibaringkan dalam posisi miring, agar jika penderita muntah tidak akan menyulitkan.
2. Jika penderita pernapasannya tidak teratur letaknya atau sangat lembut pada urat-urat nadi pergelangan tangannya maka segera diberi penapasan buatan.
3. Segera dibawa ke puskesmas atau rumah sakit atau dokter terdekat.
Sebaiknya sebelum terjadi hal tersebut perlu dilakukan pencegahannya sebagai berikut.
1. Hati-hati dalam meletakkan bahan-bahan yang mengandung racun, apalagi jika masih mempunyai anak kecil, diusahakan jangan sampai anak-anak menjangkau bahan-bahan tersebut.
2. Diberi etiket atau nama-nama yang jelas pada bahan-bahan tersebut sehingga tidak keliru meletakkan dan menggunakannya.

0 Response to "Mengatasi Keracunan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel