BAGAIMANA CARA GINJAL BERFUNGSI ?


Ginjal yakni dua buah alat yang gepeng, pejal dan berbentuk seperti kacang merah, merupakan salah satu alat terpenting dalam tubuh. Alat yang panjangnya kira-kira 4 inchi ini terletak di kiri kanan tulang punggung di dekat pinggang. Ginjal membuang zat-zat yang tidak berguna dari tubuh kita. Bagi tubuh membuang zat-zat yan tidak diperlukan dan tidak dapat digunakan adalah sama pentingnya dengan mengambil zat-zat yang diperlukannya. Ginjal juga mengatur jumlah air dan jumlah bahan-bahan lain dalam darah.

Di bagian luar setiap ginjal, kapiler-kapiler darah membentuk lipatan-lipatan kecil yang merupakan bola yang ditutup oleh selaput halus. Dalam setiap ginjal terdapat kira-kira 1.500.000 bola-bola keil ini yang disebut glomeluri. Darah yang melalui ginjal setiap menitnya adalah yang terbanyak, jika dibandingkan dengan alat-alat lain. Glomeruli memberikan masuk sebagian cairan yang mengandunga larutan bahan-bahan yang paling halus melalu selaputnya.

Cairan yang melalui selaput ini disebut urine atau air seni. Air seni dikumpulkan dalam dinding yang berbentuk piala yang menutupi setiapa glomelurus. Sebuah saluran yang sangat halus yang disebut tubulus menyalurkan air seni dari piala-piala itu.

Pada waktu air seni mengalir melalui tubulus  yang halus itu, sel-sel pelapisnya sibuk menukarkan bahan-bahan antra darah dan air seni. Zat-zat yang diperlukan oleh tubuh di bawa kembali ke dalam darah. Dengan jalan demikian badan tidak kehilangan zat gula.
Sebagian besar air dalam tubulis juga kembali masuk ke dalam darah. Dengan demikian ginjal membantu menjaga agar tubuh mempunyai kelembaban yang cukup. Kalau seseorang berkeringat atau tidak cukup banyak minum air, maka ginjal akan mengembalikan lebih banyak cairan ke dalam darah. Oleh karena itu pembentukan air seni juga berkurang. Tubuli ginjal juga membantu mengatur kadar asam dalam darah.

Semua tubuli yang halus itu berkumpul dalam bagian dalam dari setiap ginnjal, dan membuka ke dalam sebuah kantong, lekukan ginjal. Kemudian air seni mengalir ke bawah melalui dua buah saluran yang disebut ureter yang menghubungkan kedua ginjal dengan kandung kencing/kemih.

0 Response to "BAGAIMANA CARA GINJAL BERFUNGSI ?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel